PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Hias

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Hias

Lili hujan (Zephyranthes sp.)




Lili hujan (Zephyranthes sp.) termasuk tanaman hias kelompok spesies tanaman bawang-bawangan,  berasal dari Amerika selatan dan Amerika utara. Nama Zephyranthes berasal dari Zephyrus (Yunani), yang berarti dewa angin barat. Masa berbunga tanaman ini 1 sampai 2 hari saja akan tetapi kuntum bunga mekar secara bergantian setiap hari. Daun tanaman berbentuk memanjang menyerupai bawang, berwarna hijau tua, dan mengkilap. 

Bunga berbentuk terompet, dengan diameter bunga 4,5-5,5 cm serta memiliki petal bunga sebanyak 6-8 helai, tanaman lili hujan dikenal juga dengan nama lili peri. Morfologi tanaman memiliki tinggi 15-25 cm, bunga muncul secara serentak pada saat curah hujan dan kelembaban tinggi. Warna bunga umumnya merah muda, kuning ,dan putih. 

Budidaya lili hujan relatif mudah, pemberian pupuk secara teratur dan kelembaban media tanam yang terjaga dengan baik dapat membuat kuntum bunga selalu muncul dan mekar secara kontinyu. Fertigasi secara teratur dapat menghasilkan persentase tanaman berbunga lebih tinggi dan waktu munculnya kuntum bunga lebih cepat. 

Lili hujan biasa dimanfaatkan sebagai tanaman taman. Susunan bunga rapat dan simetris. Tumbuhan perenial berumbi ini menyukai sinar matahari dan kelembaban yang tinggi. Lili hujan (Zephyranthes sp.) tumbuh dengan baik di tanah yang lembab, berdrainase baik dengan pH sedikit asam ke netral.

Perkembangbiakan tanaman dari genus Zephyranthes ini biasanya dengan umbi dan biji. Perbanyakan menggunakan umbi akan menghasilkan tanaman yang sama persis dengan induknya sedangkan melalui biji memerlukan waktu relatif panjang untuk menghasilkan bunga (8-12 bulan). (irm)

Eka Febriyanti - Balithi